Khas Surabaya

Layanan Istimewa Ibu & Anak

Share
Jumat, 05/04/2013 16:16 WIB

Menyoal kepedulian terhadap Ibu dan Anak, banyak hal yang bisa dicermati. Halaman Khas Surabaya edisi April 2013, memotret bentuk-bentuk layanan yang fokus memberikan perhatian terhadap Ibu dan Anak. Potret komitmen dan perhatian yang terintegrasi dalam bisnis yang dijalankan. Mulai dari Mom and Baby’s Care Centre (Mobbic), klinik baru yang berkonsentrasi pada ibu dan anak. Satu lagi tempat yang mengkhususkan layanan untuk perawatan ibu hamil dan anak, adalah Mom ‘n Jo. Di sini, ibu dan anak bisa menikmati perawatan yang lazim dilakukan di spa dan salon.

Di luar itu, beberapa kantor di Surabaya juga disarankan menyediakan pojok laktasi. Setidaknya ada 20 -an kantor yang sudah menyediakannya. Salah satunya ada di kantor Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Pondok ASI Eksklusif, namanya. Perhatian terhadap buah hati juga beragam wujudnya. Berikut juga direkam pusat perawatan anak di Rumah Sakit Darmo Surabaya. Darmo Children’s Center (DCC), disinyalir, fasilitas ini akan berbeda dari kebanyakan kids center lainnya. Lainnya adalah perhatian pihak-pihak yang mengelola area publik, seperti pusat perbelanjaan. Sebut saja mal City of Tomorrow dan Grand City yang melengkapi fasilitasnya dengan Nursery Room.

Layanan menyeluruh di Care Centre

Bagi warga Surabaya, ada klinik baru yang berkonsentrasi pada ibu dan anak, yaitu Mobbic (Mom and Baby’s Care Centre). Tepatnya berada di jalan Raya Jemur Sari no 4 Surabaya. Dengan konsep One Stop Service Preventive Private & Professional Care, klinik ini memiliki perbedaan yang unik dibanding klinik serupa lainnya. Satu-satunya klinik terpadu untuk mempersiapkan anak yang sehat dan cerdas dimulai dari persiapan selama kehamilan sampai kelahiran bayi yang akan diikuti untuk dipantau tumbuh kembangnya sampai usia golden periode (0-3 tahun), sehingga bila ada kelainan dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya bisa diketahui secara dini.

Dokter Dewi Arofah, Sp OG menjelaskan, tujuan Mobbic mempersiapkan generasi cemerlang sejak dalam kandungan dan diikuti sampai kelahiran dengan prinsip pemberian nutrisi, stimulasi, dan deteksi secara terpadu dalam satu atap. Bentuk pelayanannya antara lain, klinik terpadu ibu untuk persiapan kehamilan, atau saat kehamilan. “Premital dan prenatal konseling oleh dokter spesialis kandungan, perawatan kebugaran selama kehamilan, dibawah pengawasan dokter spesialis kandungan. Dan spesialis rehabilitasi medic meliputi pemeriksaan rutin kehamilan oleh dokter spesialis kandungan,” jelas Dewi.

Ibu hamil memerlukan tempat yang mampu memberikan perawatan khusus bagi mereka. Salah satu tempat yang mengkhususkan layanan untuk perawatan ibu hamil dan anak, adalah Mom n Jo. Di sini,  ibu dan anak bisa menikmati perawatan yang lazim dilakukan di spa dan salon seperti massage atau pijat, scrubbing atau menggosok badan, manicure pedicure, masker wajah hingga creambath. Branch Manager Mom n Jo Surabaya, Dhanny Kartikasari mengatakan, jenis-jenis perawatan di Mom n Jo antara lain, Spa ibu hamil, Spa pasca-melahirkan, Spa bayi termasuk pijat bayi dan baby swimming, dan Kid spa, yang termasuk pijat anak, pediatric massage.

Pemijatan ini juga baik untuk anak yang lahir prematur karena pada dasarnya mereka butuh sentuhan. “Yang paling digemari adalah pijat bayi dan baby swim” jelasnya. Dalam layanan ini, bayi dimanjakan dengan berenang. Setelah puas bermain di kolam kaca, lalu si kecil mendapatkan terapi pijat yang bisa merilekskan otot-ototnya. Renang dan pijat bayi berfungsi untuk membantu paru-paru, jantung dan otot, baik untuk keseimbangan dan koordinasi tubuh, membuat tidur lebih lelap. Little swim ini bisa dilakukan selama 20 menit.

Konsep & Percontohan

Apa yang dicanangkan Rumah Sakit Darmo, akan menjadi alternatif tersendiri. Seiring tahun ke-92 RS Darmo, akan dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk anak dengan Darmo Children’s Center (DCC). Bahkan disinyalir, fasilitas ini akan berbeda dari kebanyakan kids center lainnya.

“Rumah Sakit Darmo sedang menuju ke pelayanan kesehatan anak yang lengkap dan paripurna,” kata Prof. Dr. IG.N.Gde Ranuh, SpA(K). “Childre’’s Center akan diidam-idamkan masyarakat luas di Surabaya khususnya, di Jawa Timur maupun Indonesia bagian Timur pada umunya.” Tambahnya. Apa yang diidamkan masyarakat itu boleh jadi tidak berlebihan. Sebab, layanan yang diberikan menyeluruh, sejak anak masih dalam kandungan sampai usia dewasa, yaitu usia 0 sampai 18 tahun. Dan, DCC akan melakukan pemantaun terhadap standar pada tiap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak secara komprehensif.

Klinik Tumbuh Kembang Anak Children’s Center Rumah Sakit Darmo dilengkapi dengan tersedianya klinik spesialis lain, seperti Dokter Spesialis Mata, THT, Ortopedi, Jantung dan vaskuler, Paru, Gastro dan lain-lain yang terkait dengan penyimpangan tumbuh kembang anak. Pada peringatan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2013 nanti, fasiltas DCC di RS Darmo ini akan segera dibuka untuk umum.

Kantor-kantor di Surabaya juga disarankan menyediakan pojok laktasi. Anjuran itu sebagai tindakan manusiawi terhadap para karyawan wanita yang sungguh peduli terhadap buah hatinya. Setidaknya ada lebih kurang 20-an kantor di Surabaya yang sudah menyediakan pojok laktasi. Salah satunya ada di kantor Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Pondok ASI Eksklusif, namanya. Pondok ini ada di sebuah ruang ukuran 4 x 5 meter di bagian belakang. Ada satu bidang yang bertugas khusus untuk melayani karyawan Dinkes Kota Surabaya yang ingin  memerah dan menyimpan ASI-nya.

Dokter Sri Setiani, M,M. Kes, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Surabaya, mengatakan Pondok ASI Eksklusif ini memang dikhususkan untuk internal karyawan. “Kebetulan mayoritas karyawan Dinkes Kota Surabaya kan ibu-ibu usia produktif,” ungkapnya. Kebutuhan Pojok laktasi semacam ini, papar dokter Sri, demi mendukung program ASI eksklusif yang mesti diberikan kepada anak hingga usia 6 bulan. Sementara peraturan perusahaan hanya memberikan masa cuti bagi karyawan wanita melahirkan hanya 3 bulan. Dengan keberadaan pojok laktasi di kantor-kantor atau pabrik, agar sisa 3 bulan berikutnya si anak tetap dapat mengonsumsi ASI eksklusif.

Sudut Laktasi di Mal

Penyediaan sarana Nursery Room, atau yang popular dengan sebutan Pojok Laktasi, diawali sejak tahun 2010. Ketika itu sosialisasi hal kesadaran menggunakan air susu ibu, lagi gencar-gencarnya. Pemerintah Kota Surabaya, khususnya Walikota, langsung mengarahkan untuk menyediakan sarana penunjangnya terutama di area-area publik. Arahan Walikota itu langsung ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh managemen mal City of Tomorrow. Nursery room di Cito adalah yang pertama ada di ruang publik Surabaya, Indra Irmawan, Marketing Communication Cito. Kehadirannya pun tak luput dari perwujudan visi Cito Mal; memberi kenyamanan dalam berbelanja.

Sesuai syarat yang ditetapkan pojok laktasi harus dilengkapi tempat sampah (untuk  sampah basah & kering), dua buah sofa empuk, sebuah tempat tidur bayi, wastafel, bak mandi kecil, changing table, satu set perlengkapan bayi seperti tisu, minyak telon, cutton bud, hand soap, dan sebagainya.

Menyadari begitu pentingnya ASI, pengelola Grand City Surabaya menyediakan berbagai fasilitas terbaik bagi para pengunjung. Fasilitas khusus bagi ibu dan bayi untuk mengganti popok atau ruangan laktasi tersedia di setiap lantai. “Ruang laktasi disediakan di setiap lantai untuk memudahkan bagi pengunjung. Setiap fasilitas umum seperti ruang laktasi, handicapped toilet dan ramp untuk kursi roda tetap tersedia di setiap lantai,” jelas Aurellia Dewi Yana, Marketing & Communication Senior ManagerGrand City Surabaya Mall & Convex.

Wanita yang akrab disapa Dewi ini mengatakan, jika sejak awal pembangunan mall memang sudah direncanakan fasilitas laktasi dengan sarana dan prasarana yang memadai. “Banyak pengunjung yang memanfaatkan fasilitas ini, karena jumlah ruang laktasi yang disediakan cukup banyak sehingga tidak ada antrian,” tambah Dewi. Dengan luas 16 meter persegi, ruangan ini dilengkapi sofa, washtafel dan bed untuk mengganti diapers.

Lebih lengkap tentang informasi seputar dunia perawatan Ibu dan Anak, bisa Anda dapatkan di majalah Surabaya City Guide edisi April 2013. Atau bisa pula dengan mengakses e-magz di website kami www.surabayacityguide.co.id.

Foto-foto: An. Kusnanto/M-Comm

 

Kirim Komentar

2013-11-11 13:01:24
Yolanda Claudia : Saya ibu dengan baby berusia 6 bulan. Tertarik untuk Baby spa....
Minta tolong no telp nya.....
-----  Mom And Baby’s Care Centre, Jl Raya Jemur Sari No 4 Surabaya, Telp. 031- 8494888. Mom N Jo, Jl. Opak 56 Surabaya, Telp. 031- 0315677895. Baby Wonderland, Jl. Kris Kencana - Surabaya, Telp. 031-70622232. Little Bee Bay SPA, Jl Abdul Wahab Siamin 2 - 8 Su
 

Baca Juga

Kamis, 02/01/2014 14:46 WIB
Rabu, 04/12/2013 11:50 WIB
Jumat, 08/11/2013 13:54 WIB
Rabu, 02/10/2013 16:45 WIB
Jumat, 06/09/2013 16:01 WIB
Selasa, 20/08/2013 15:37 WIB
Jumat, 12/07/2013 16:37 WIB
Kamis, 20/06/2013 13:06 WIB
Kamis, 02/05/2013 16:38 WIB

Contact Details

Office :

Fax :

Informasi Iklan :

Sirkulasi :

 

Email Support

Selasa, 11/03/2014 14:08 WIB
Pesona Madura di 33 Tahun Ratna Busana
Selasa, 11/03/2014 14:08 WIB
Kartini Award 2014 Kembali Digelar Surabaya Plaza Hotel
Kamis, 02/01/2014 14:52 WIB
O- Jamoer, 100 Menu Jamur
Kamis, 02/01/2014 14:52 WIB
Gudeg Ceker Kuntilanak
Kamis, 02/01/2014 17:06 WIB
Ikhtiar Penggemar Bekisar
Kamis, 02/01/2014 17:06 WIB
Lomo, Gitu Loh!
Kamis, 09/01/2014 13:13 WIB
Pengambilan Keputusan Dalam Bisnis
Kamis, 09/01/2014 13:13 WIB
Sikap yang Benar untuk Meraih Sukses