Khas Surabaya

15 Destinasi Wisata Surabaya

Share
Kamis, 20/06/2013 13:06 WIB

Destinasi wisata di Surabaya terus berbenah. Dari tahun ke tahun obyek-obyek wisata itu menampakkan wajah yang lebih menarik, indah, dan nyaman untuk dikunjungi. Surabaya ternyata memiliki 47 obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jumlah destinasi wisata sebanyak itu sekaligus menggagalkan anggapan kalau Surabaya tidak memiliki tempat wisata yang layak. Bahkan boleh dibilang, obyek wisata yang dimiliki Kota Pahlawan ini sangat kaya dan beragam. Ada obyek wisata alam, gedung bersejarah, pantai, religi, kuliner, souvenir dan oleh-oleh, museum dan monumen, wisata artifisial, dan banyak lagi.
Wajah obyek-obyek wisata itu kian tahun makin menunjukkan perkembangannya yang signifikan. Ini terbukti dari penilaian masyarakat sejalan dengan program Surabaya Tourism & Destination Award (STDA) 2013, selama April-Mei 2013. Sebagian memang masih bertahan dengan kondisinya, namun sebagian lainnya telah berupaya memoles obyek wisatanya sebaik mungkin. Sehingga, beberapa obyek wisata yang tahun lalu tak masuk unggulan, kini berhasil menyodok peringkat dan berhak mendapatkan penghargaan untuk beberapa kategori penting. 15 destinasi wisata di bawah ini antara lain yang berhasil menampilkan dirinya jauh lebih baik untuk setahun ini, sehingga dinobatkan sebagai obyek wisata terapik dalam berbagai kategori.

CLEAN & COMFORT
House of Sampoerna (Winner)
House of Sampoerna kembali meraih pemenang untuk beberapa kategori, seperti Clean & Comfort. Bagaimana House of Sampoerna kini, baca tulisan lengkapnya pada tulisan Best of The Best House of Sampoerna.

Museum & Perpustakaan Bank Indonesia (Nominee)
De Javasche Bank merupakan salah satu bank terkemuka pada zaman kolonial Belanda yang didirikan di Batavia, 24 Januari 1828. Dari survey arkeologi menunjukkan bangunan itu menerapkan teknologi Belanda, antara lain bagian basement (R. Khazanah) dengan pintu besi besar dan lebar, almari besi kokoh, rak besi besar dan kuat, dinding tebal berlapis beton bertulang, kaca patri sebagai jalan cahaya, kisi–kisi tembok dan atap yang kokoh. Arsitektur ini adalah perpaduan dari bangunan Kolonial, Hindu dan Jawa Centris.

Mirota Art Shop (Nominee)
Mau cari cinderamata, Mirota Art Shop bisa jadi jujukan. Koleksinya cukup lengkap, tertata rapi di gerai seni empat lantai yang terletak di Jl Sulawesi Surabaya. Seperti baju dan kain batik, kerajinan tangan, perhiasan, juga jajanan tradisional. Konon, Mirota berdiri sejak tahun 1980–an, bernuansa Jawa-Eropa. Cinderamata di Mirota tidak hanya berasal dari Surabaya atau Jawa Timur, tapi juga hasil kerajinan dari penjuru tanah air.

Monumen Kapal Selam (Nominee)
KRI Pasopati pensiun dari tugasnya sejak 25 Januari 1990. Kapal selam kapal selam bernomor lambung 410 jenis SS tipe Whiskey Class, dibuat di Vladi Wostok, Rusia tahun 1952. Berpartisipasi di TNI AL sejak 29 Januari 1962. Perannya tidak main-main, KRI Pasopati bertugas menghancurkan garis lintas musuh dan pengintaian. Peran lain yang tak terlupakan, KRI Pasopati aktif terlibat langsung di garis depan pada Operasi Trikora, saat merebut Irian Barat. Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410 adalah monumen dengan skala penuh, artinya bukan replika.

COMMUNICATIVE INFORMATION
Masjid Al Akbar Surabaya (Winner)
Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) juga berhasil mempertahankan penghargaan yang diterimanya tahun lalu sebagai The Most Favorite Destination. Namun, MAS juga berhasil memenangkan kategori Communicative Information. Tulisan lengkap tentang MAS bisa Anda baca pada tulisan The Most Favorite Destination Masjid Al Akbar Surabaya.

Museum Loka Jala Srana (Nominee)
Museum Loka Jala Srana berlokasi di Morokrembangan kompleks Angkatan Laut Indonesia (Surabaya Utara), sebelah Selatan pelabuhan. Ini adalah museum peralatan perang Angkatan Laut Indonesia, sebuah koleksi planetarium dan astronavigadium. Semula, museum ini bernama AKABRI LAUT (19 September 1969), lalu museum TNI-AL (10 Juli 1973) dan berubah lagi menjadi Museum TNI-AL Loka Jala Srana (6 Oktober 1979).

Taman Budaya Dinas Kebudayaan & Pariwisata Prov. Jatim (Nominee)
Bangunan tua dan termasuk cagar budaya ini berlokasi cukup strategis di tengah kota. Taman Budaya Propinsi Jawa Timur diresmikan pada 20 Mei 1978 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Daoed Joesoef. Taman Budaya ini merupakan satu dari 25 yang ada di Indonesia. Taman Budaya ini, sebagai sarana kegiatan, pembinaan dan pengembangan berkesenian di Jawa Timur.

Taman Remaja Surabaya (Nominee)
Taman Remaja Surabaya (TRS) adalah salah satu tempat rekreasi keluarga di kota Surabaya, yang mengusung konsep one stop entertainment. Di dalamnya ada 25 wahana permainan dewasa dan anak-anak yang memberikan sensasi real experience. Ada lebih dari 5 outlet makanan dan minuman serta gemerlap lampu-lampu yang kian menambah keceriaan keluarga.

EXCELLENCE SERVICE
Ciputra Waterpark (Winner)
Wisata air terlengkap di Kota Buaya ini menyediakan kolam-kolam dengan tema menarik. Taman hiburan yang dibangun di atas lahan seluas 5 hektar ini mengusung tema negeri 1001 malam di setiap wahananya. Fasilitas ini terletak di Perumahan CitraLand,Surabaya Barat. Dengan area seluas 4 hektar, Ciputra Waterpark merupakan water park terbesar di Indonesia. Mulai buka pukul 10.00 setiap hari.

Kapal Wisata Artama 3 (Nominee)
Banyak orang mencari tempat hiburan alternatif yang bisa memberikan ketenangan dan kesegaran untuk menghilangkan kejenuhan. Beberapa obyek wisata kota telah tersedia, dan semakin lengkap dengan hadirnya kapal wisata bahari dengan nama spesifikasi layanan "Artama Harbour Cruise." PT. Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III (Persero), mendukung perkembangan sektor pariwisata yaitu dengan merenovasi Kapal Motor, Artama III, untuk dioperasionalkan menjadi kapal wisata.

Kampung Arab (Nominee)
Seperti kota lain di Indonesia, Kampung Arab juga ada di Surabaya, berada di kawasan wisata religi Ampel. Terletak sekira 10 kilometer dari pusat kota. Mereka yang tinggal di kawasan ini sebagian besar memang warga keturunan Arab atau Timur Tengah. Namun sebagian juga dihuni oleh warga pribumi. Mereka berbaur dalam ikatan kebangsaan antara penduduk asli dan warga pendatang lainnya. Rumah-rumah tinggal di kampung ini memiliki ciri khas Timur Tengah. Ada dua daun pintu dan dua pilar penyangga, serta teras di depan rumah. Ada satu pintu kecil khusus untuk pemilik rumah dan anggota keluarga. Dan ada pintu besar seperti gerbang sebagai pintu bagi para tamu.

Pantai Ria Kenjeran/KENPARK (Nominee)
Setelah ada kebijakan optimalisasi Kenjeran sebagai tempat wisata, semua kini sudah berubah. Sebagai bukti, di hari biasa, tempat ini dikunjungi tak kurang dari 3.000 orang. Di hari Sabtu, angka ini melonjak dua kali lipat menjadi 6.000 orang. Hari Minggu dan hari besar, malah dikunjungi hingga 9.000 orang. Selain Kenjeran Edutainment Park (KEP), Sanggar Agung, dan patung Budha Empat Muka. Kenpark juga dilengkapi dengan area jalan-jalan, Sea Side Pantai Sanbu. Berdiri tegar di sisi Selatan, Pagoda yang eksotis, melengkapi wahana Kenpark.

CREATIVE & INNOVATIVE
House of Sampoerna (Winner)
Selain mampu menjadikan lingkungannya bersih dan nyaman, House of Sampoerna juga mampu menjadikan areanya penuh dengan cuatan kreativitas yang tinggi. Untuk itu, House of Sampoerna berhasil merebut kemenangan untuk kategori Creative & Innovative. HoS bukan hanya museum. Untuk ulasan lebih lengkapnya bisa Anda baca pada tulisan Best of The Best House of Sampoerna.

Mangrove Wonorejo (Nominee)
Surabaya patut berbangga karena memiliki Hutan Mangrove Wonorejo, Rungkut. Geliat perkembangan kota segemerlap apa pun, tetap menyisakan lahan penyelamat lingkungan dari bahaya erosi dan banjir. Hutan mangrove di Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) ini, masih dalam tahap pengembangan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Kawasan yang berada di lahan seluas 871 hektar ini, menyuguhkan lanskap yang mengagumkan.

Mangrove Gunung Anyar (Nominee)
Wisata Anyar Mangrove atau disingkat dengan WAM, adalah objek wisata baru di surabaya, tepatnya di daerah Gunung Anyar. Area wisata yang berada sekitar 2 Km arah Timur kampus UPN ini, selain menonjolkan hutan mangrove yang alami, juga dilengkapi dengan binatang-binatang yang masih liar, seperti monyet berekor panjang. Selain monyet, kita bisa menikmati berbagai spesies burung sepanjang perjalanan menuju area mangrove.

ENTREPRENEURIAL IMPACT
Pasar Bunga Kayoon (Winner)
Berlokasi di Jalan Kayoon, tepat di bibir Kalimas. merupakan pasar bunga terbesar dan terlengkap di Surabaya, di mana terdapat berbagai jenis bunga tropis bisa dibeli di sini. Di sisi selatan pasar bunga, kita bisa menikmati berbagai hidangan khas Jawa Timur yang tersedia di pujasera tersebut.

THE MOST FAVORITE DESTINATION
Masjid Nasional Al-Akbar (Winner)
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) merupakan terbesar di Surabaya dan terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid yang memiliki gaya arsitektur modern dan unik ini diproyeksikan untuk mewujudkan konsep masjid dalam arti luas, sebagai Islamic Center dengan peran multidimensi. Ia menyandang misi religius, kultural dan edukatif termasuk wisata religi. Dilengkapi menara setinggi 99 meter dan puncaknya dilengkapi dengan view tower pada ketinggian 68 meter yang dapat menampung sekitar 30 orang. Untuk mencapai ketinggian itu menggunakan lift dan dari ketinggian itu pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Surabaya yang indah dan gemerlap di malam hari.

BEST OF THE BEST
House of Sampoerna (Winner)
Area House of Sampoerna menyodorkan banyak keistimewaan. Lokasinya di kawasan Surabaya lama, kompleks bangunannya megah bergaya kolonial Belanda yang dibangun pada 1862 dan menjadi situs bersejarah yang dilestarikan. Di museum, Anda bisa menyusuri kisah-kisah unik. Mulai dari kisah hidup pendiri Sampoerna, filosofi Sampoerna yang tetap dipertahankan hingga kini, sampai melihat dari dekat fasilitas produksi rokok lintingan tangan yang dilakukan oleh lebih dari 2.500 wanita di pabrik ini, dengan menggunakan alat tradisional berkecepatan lebih dari 300 batang rokok per jam. Program yang paling disukai dan paling populer dari HoS adalah Surabaya Heritage Track. Dengan arti ‘Menelusuri Jejak Warisan Surabaya’, program SHT adalah sebuah tur keliling kota dengan menggunakan bis (city sightseeing bus) ke beberapa point interest di Surabaya.

Untuk informasi lebih lengkap tentang destinasi-destinasi di atas bisa klik disini, atau mendapatkan Majalah Surabaya City Guide langsung di pick-up point terdekat dengan kediaman Anda.

Foto-foto: A. Kusnanto/ M-Comm

 

Kirim Komentar

 

Baca Juga

Kamis, 02/01/2014 14:46 WIB
Rabu, 04/12/2013 11:50 WIB
Jumat, 08/11/2013 13:54 WIB
Rabu, 02/10/2013 16:45 WIB
Jumat, 06/09/2013 16:01 WIB
Selasa, 20/08/2013 15:37 WIB
Jumat, 12/07/2013 16:37 WIB
Kamis, 02/05/2013 16:38 WIB
Jumat, 05/04/2013 16:16 WIB

Contact Details

Office :

Fax :

Informasi Iklan :

Sirkulasi :

 

Email Support

Selasa, 11/03/2014 14:08 WIB
Pesona Madura di 33 Tahun Ratna Busana
Selasa, 11/03/2014 14:08 WIB
Kartini Award 2014 Kembali Digelar Surabaya Plaza Hotel
Kamis, 02/01/2014 14:52 WIB
O- Jamoer, 100 Menu Jamur
Kamis, 02/01/2014 14:52 WIB
Gudeg Ceker Kuntilanak
Kamis, 02/01/2014 17:06 WIB
Ikhtiar Penggemar Bekisar
Kamis, 02/01/2014 17:06 WIB
Lomo, Gitu Loh!
Kamis, 09/01/2014 13:13 WIB
Pengambilan Keputusan Dalam Bisnis
Kamis, 09/01/2014 13:13 WIB
Sikap yang Benar untuk Meraih Sukses